Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Yang Jarang diketahui

6 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Yang Jarang diketahui - Kurma adalah buah yang mudah dijumpai pada bulan Ramadhan, dianjurkan sebagai menu pembuka saat berbuka puasa, diyakini dapat mengembalikan energi tubuh anda dengan cepat setelah seharian menahan haus dan lapar. Buka puasa dengan kurma, mengikuti sunnah Nabi, plus bonus kesehatan tubuh didapat juga.

Dari Anas bin Malik : “Rasulullah pernah berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah) sebelum shalat, kalau tidak ada ruthab, maka beliau memakan tamr (kurma kering) dan kalau tidak ada tamr, maka beliau meminum air, seteguk demi seteguk”(Hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud).

Buah berwarna coklat, rasa manis legit tersebut banyak orang yang memburunya dan gampang diperoleh selama bulan puasa. Namun dibulan lainpun sebenarnya tersedia, meski agak susah ditemui dan sedikit orang yang mencarinya. Sebenarnya kurma tersedia sepanjang tahun, baik musim panas maupun dingin.
Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Yang Jarang diketahui

Buah yang berasal dari Teluk Persia itu, termasuk makanan pokok masyarakat Timur Tengah. Hal ini menunjukan bahwa buah kurma aman dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kalori anda. Menurut Dr. Ir. Diah M. Utari, MKes dari Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Kandungan kurma sekitar 60% nya adalah karbohidrat. Sisanya adalah zat gizi magnesium, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B2.

Kurma dipanen dalam kondisi basah dan kering, Kurma basah terlihat kulitnya segar, dagingnya empuk, sangat lembab dan kadar gulanya sedikit. biasanya tersedia pada bulan Agustus sampai Desember. Sedangkan kurma kering tekstur kulitnya keriput, dagingnya keras dan kadar gula tinggi. Kurma jenis ini tersedia di sepanjang tahun. Kurma kering mengandung karbohidrat 2 kali lebih banyak dibanding kurma segar. Dan juga seratnya lebih baik dibanding kurma basah.

Kandungan gizi kurma kering, bagian dagingnya dihitung per 100 g memiliki energi sebanyak 281 kcal, mengandung :

- Karbohidrat 75 g

- Gula 63 g

- Serat pangan 8 g

- Lemak 0,4 g

- Protein 2,5 g

- Kolesterol 0 g

- Natrium 2 mg

- Kalium 656 mg

- Vitamin C 0,4 mg

- Vitamin A 10 IU

- Kalsium 39 mg

- Vitamin B6 0,2 mg

- Zat besi 1 mg

- Magnesium 43 mg

Kurma juga mengandung antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin.

Manfaat buah kurma bagi kesehatan yang jarang diketahui

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Dalam 100 gram buah kurma mengandung serat 8 gram. Kebutuhan serat yang cukup dalam tubuh, membantu memperlancar saluran pencernaan, mencegah kondisi jarang buang air besar, diare dan sembelit. Serat pangan juga dapat membantu mencegah lonjakan gula darah seketika. Selain itu kurma memiliki manfaat untuk membersihkan usus sehingga risiko terkena kanker usus dapat ditekan.

Dengan mengkosumsi makanan berserat 25 – 30 gram setiap hari, membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, termasuk lambung. Dr Annes Waren, Kurma merupakan salah satu buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita penyakit asam lambung sebagai camilan sehat, dikutip dari alodokter.com.

2. Meningkatkan fungsi otak.

Kandungan antioksidan dalam buah kurma bermanfaat membantu mengurangi peradangan di otak dan mengurangi gangguan kecemasan. Penelitian pada hewan menunjukan tikus yang diberi makan kurma berperilaku lebih tenang. Selain itu juga menunjukan bahwa buah kurma dapat membantu menurunkan  aktivitas protein beta amoloid yang dapat membentuk plak di otak.

3. Mengganti elektrolit tubuh yang hilang.

Kurma memiliki kandungan elektrolit, kalium (potassium) dan natrium (sodium) seperti air kelapa. Kadar potasium yang tinggi pada kurma, bermanfaat untuk menguatkan tubuh sekaligus membangun otot dalam tubuh. Oleh karena itu mengkonsumsi kurma saat tubuh membutuhkan energi, seperti berbuka puasa, sangat bermanfaat sekali.

4. Menjaga kesehatan jantung.

Nutrisi buah kurma magnesium dan kalium, berguna untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal. Sedangkan serat kurma berfungsi mengurangi kadar kolesterol jahat. Selanjutnya kandungan vitamin dan mineral ditambah antioksidan sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Para Ahli menganjurkan untuk konsumsi buah kurma minimal dua kali dalam seminggu guna memelihara kesehatan jantung.

5. Mencegah anemia.

Zat besi yang terdapat dalam buah kurma diyakini mampu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Makan buah kurma secara teratur dapat mencegah terjadinya penyakit anemia. Gejala anemia dapat dilihat salah satunya jika anda mudah lelah dan kulitnya pucat. 

6. Melancarkan persalinan ibu hamil. 

Buah kurma mengandung gula dan kalori yang tinggi, dapat memberi energi tambahan selama proses persalinan yang menguras tenaga. Berdasarkan penelitian dikatakan, kurma mengandung zat yang diyakini dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin untuk meningkatkan sensivitas rahim dan memulai kontraksi. Hal ini diyakini dapat meringankan proses persalinan ibu hamil. Oleh karena itu makan kurma tiap hari selama beberapa minggu terakhir sebelum lahiran, diyakini bisa membantu melancarkan persalinan normal.

Jadi mengkonsumsi buah kurma banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh, karena kandungan gizinya lengkap. Selain dianjurkan buat berbuka puasa juga menjadi makanan yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari.


Posting Komentar untuk "6 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Yang Jarang diketahui "