Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengalami Gejala Asam Lambung? Konsumsi Makanan ini

Mengalami Gejala Asam Lambung? Konsumsi Makanan ini - Pengidap asam lambung memiliki gejala mengalami mual, muntah, perut kembung, bersendawa, berkurangnya nafsu makan dan sensasi panas di perut atau makanan naik kembali ke kerongkongan, Gejala-gejala tersebut akan berasa sekali saat asam lambung naik.

Mengalami Gejala Asam Lambung? Konsumsi Makanan ini
Bila mengalami gejala seperti diatas, anda perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi untuk mengatasi dan menghindari naiknya asam lambung. Berikut ini makanan sehat dan baik dikonsumsi oleh pengidap asam lambung, yaitu:

1. Jahe

Jahe dengan sifat anti inflamasi yang terkandung didalamnya dipercaya dapat mengatasi timbulnya gejala asam lambung. Penderita asam lambung dianjurkan meminum jahe secara teratur. Cara penyajiannya, Jahe dipotong kecil-kecil atau diparut. diambil sarinya atau ditaburkan pada makanan untuk dimakan. 

2. Sayuran Hijau

Penderita asam lambung dianjurkan makan sayuran berserat tinggi dan memiliki kandungan yang dapat menurunkan asam lambung. Sayuran tersebut adalah Brokoli, Kembang kol, Buncis, Kentang, Mentimun, Kacang hijau dan Asparagus.

3. Pisang

Pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6 yang baik untuk menetralisir asam lambung. Selain itu pisang memiliki kandungan serat pektin yang dapat mendorong makanan melewati saluran pencernaan. Seperti diketahui, Makanan yang menumpuk dalam usus dipercaya dapat memicu bertambahnya kadar asam lambung.

4. Melon 

Kandungan pH pada buah melon sekitar 6,1 (kadar asam rendah), Melon termasuk salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Melon juga memiliki kandungan magnesium yang biasanya terdapat pada obat asam lambung.

5. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung sifat anti inflamasi, seperti yang dipublikasikan dalam Journal of Enviromental Science and Health, mengonsumsi lidah buaya bisa membantu mencegah lonjakan asam lambung. Lidah buaya dapat disajikan dalam berbagai sajian menu, misalnya dengan di Jus.

6. Putih telor

Putih telur dapat dikonsumsi dengan cara di rebus adalah makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Namun, kuning telur karena mengandung lemak cukup tinggi ,tak dianjurkan untuk dimakan oleh penderita asam lambung, karena dapat memicu gejala refluks asam lambung. 

7. Daging

Daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut adalah makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena mudah dicerna dengan baik oleh lambung. Namun makanan tinggi lemak tidak dianjurkan dikonsumsi oleh pengidap asam lambung karena cenderung tertahan lebih lama di lambung, dan memicu otot di bagian bawah esofagus mulai rileks sampai terjadi refluks asam lambung. 

8. Oatmeal

Oatmeal dan makanan sumber serat lainnya seperti roti yang terbuat dari gandum atau mengandung beragam biji-bijian adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. oatmeal dipercaya dapat menyerap asam lambung, sehingga gejala penyakit asam lambung dapat mereda.

9. Yogurt 

Yogurt adalah makanan yang memiliki rasa asam, banyak pengidap asam lambung menghindarinya karena khawatir akan memperburuk keadaan. Namun sebaliknya karena Yogurt sudah difermentasi sehingga kandungan bakteri asam laktat dapat memberi efek nyaman pada lambung. 

Hal yang perlu di dihindari adalah konsumsi yogurt yang berlebihan karena dapat memicu peningkatan asam lambung, apalagi dikonsumsi dalam kondisi perut kosong. 

Itulah 9 makanan yang sehat dan aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung, untuk meredakan gejala asam lambung. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, selain konsumsi makanan diatas secara teratur, juga menghindari kebiasaan yang dapat memicu kenaikan asam lambung seperti membiarkan perut kosong, tidur setelah makan, merokok dan minum alcohol.




Posting Komentar untuk "Mengalami Gejala Asam Lambung? Konsumsi Makanan ini"