Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WhatsApp, Telegram Dan Signal, Mana Yang Terbaik?

WhatsApp, Telegram Dan Signal, Mana Yang Terbaik? - Setelah munculnya kebijakan baru WhatsApp pada awal tahun 2021, Para pengguna terdorong untuk melirik aplikasi alternatif seperti beralih ke Telegram dan Signal. Untuk menjatuhkan pilihannya, sebaiknya dilihat kelebihan dan kekurangannya diantara ketiganya, Whatsapp, Telegram dan Sinyal, mana yang terbaik untuk anda? Mari simak ulasan berikut:

WA, Telegram dan Signal


WhatsApp

Fitur dasar yang disediakan WA sama seperti Aplikasi lainnya yakni, pesan teks, audio, video, stiker dan grup. WA juga menawarkan fitur-fitur menarik lain untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, yaitu :

1. Obrolan grup yang memiliki batas maksimum hingga 256 anggota. 

2. Dapat mengirim pesan ke banyak kontak secara bersamaan dalam waktu yang sama.

3. Panggilan suara dan video, tersedia untuk individu dan grup. Jumlah panggilan video grup memiliki batas maksimal yaitu 8 pengguna.

4. Fitur status atau ruang berbagi cerita kepada semua kontak, namun dapat juga di atur kepada kontak siapa saja yang ingin anda bagi. Fitur ini mirip dengan fitur yang disediakan Instagram.

5. Dapat mengirim dokumen dengan batas maksimal 100 MB, Namun untuk foto, video, dan audio, memiliki batas maksimal 16 MB.

6. Berbagi lokasi langsung dengan pengguna lain, baik berbagi lokasi terkini atau live maupun lokasi saat ini kepada individu ataupun ke group.

7. Pencadangan dan pemulihan obrolan secara gratis melalui layanan cloud seperti Google Drive dan iCloud.

8. Pesan pengguna tersimpan dan di amankan dalam sebuah server dengan batas maksimal simpan selama 30 hari. Setelah melewati 30 hari pesan akan terhapus sendiri secara otomatis.

9. Fitur keamanan dalam aplikasi WA tersedia dalam bentuk otentikasi dua langkah (2FA), PIN dan sidik jari. Hal ini berguna untuk mengamankan aplikasi pengguna dari pembobolan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

10. Semua pesan, panggilan video, panggilan suara, foto, dan apa pun yang anda bagikan dienkripsi secara end-to-end.

11. Tidak mengenkripsi metadata, sehingga memungkinkan pihak berwenang dapat mengetahui pesan anda dikirim ke siapa, kapan dan berapa lama obrolan tersebut. 

Telegram

Fitur dasar yang disediakan Telegram mirip dengan aplikasi lainnya yaitu pesan teks, audio, video, stiker dan grup. Namun Telegram memiliki fitur lain yang menyenangkan  bagi penggunanya :

1. Grup memiliki batas anggota hingga 200.000. lebih banyak dari aplikasi WA dan Signal.

2. Fitur khusus grup seperti bot, polling, kuis, hashtag, dan fitur lain yang dapat membuat pengalaman di grup jauh lebih menyenangkan.

3. Fitur unik, pesan yang dapat terhapus sendiri secara otomatis dalam jangka waktu  tertentu.

4. Kirim dokumen yang memiliki batas maksimal hingga 2 GB.

5. Panggilan suara dan video di perangkat Android dan iOS.

6. Memiliki fitur keamanan verifikasi dua langkah Seperti WhatsApp, 

7. Telegram menggunakan sistem enkripsi yang secara default enkripsi ini tidak aktif. Ekripsi aktif hanya untuk chat yang ada di fitur Secret Chat atau Chat Rahasia. Yang hanya bisa dibaca oleh perangkat yang digunakan untuk mengirimkan pesan. Jika pindah ke perangkat lain meskipun menggunakan akun yang sama, isi chat tidak bisa dibaca.

8. Fitur notifikasi apabila ada percakapan di secret chat di-screenshot oleh orang lain.

Signal

Fitur dasar yang disediakan Siganl adalah pesan teks, audio, video, stiker, dan grup. Signal menawarkan fitur lainnya, yakni :

1. Tidak dapat mengirimkan pesan ke beberapa kontak sekaligus. 

2. Fitur unik, pesan yang dapat terhapus sendiri secara otomatis dalam jangka waktu  tertentu.

3. Fitur "Note to Self". artinya untuk menulis sesuatu yang anda pikirkan, anda lansung dapat menggunakan fitur ini tanpa harus membuat group untuk anda sendiri.  

4. Signal menyediakan fitur telepon yang aman, dimana panggilan suara disampaikan ke servernya, hal ini bertujuan agar identitas anda tetap tersembunyi dari kontak anda. 

5. Fitur emoji dan stiker privasi, tetapi lebih terbatas dibandingkan dengan WhatsApp dan Telegram.

6. Signal memiliki keamanan yang lebih unggul dibandingkan yang lainnya. Signal menawarkan para penggunanya pesan aman, panggilan suara, dan video dan semua komunikasi dienkripsi secara end-to-end.

Dari ketiga aplikasi tersebut, dari sisi keamanan Signal adalah paling aman dari WA dan Telegram. Namun dari sisi fitur memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang dapat anda pertimbangkannya dan sesuaikan dengan kebutuhan anda dalam menentukan pilihan, mana yang terbaik buat anda.

Posting Komentar untuk "WhatsApp, Telegram Dan Signal, Mana Yang Terbaik?"