Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan - Puasa merupakan satu amalan beribadah yang dilaksanakan dengan mengendalikan diri dari segala hal seperti makan, minum, tindakan jelek atau dari yang menggagalkan puasa, mulai imsak sampai waktu berbuka puasa.

Bulan Ramadhan adalah salah satu peristiwa yang tepat untuk kaum muslim berlomba memperoleh pahala.

5 manfaat puasa bagi kesehatan


Bukan hanya wujud beribadah yang terbatas untuk kaum muslim, bangsa Yunani kuno sudah mengenali puasa untuk kesehatan badan.

Di zaman kekinian sekarang ini, puasa banyak direferensikan beberapa periset untuk mempertahankan kesehatan fisik dan psikis.

Secara mental, puasa bisa mengatasi depresi dan stres untuk sebagian orang, karena mereka belajar untuk menahan diri. Berpuasa akan membuat badan alami kenaikan endorfin pada darah yang memberi hati sehat secara psikis.

Maka tidak cuman jalani beribadah saja, puasa mempu banyak hikmah bagi kesehatan.

Dengan mengetahui kebaikan puasa untuk badan, Anda kemungkinan menjadi lebih semangat jalani puasa.

1. Sehatkan Jantung

Sebuah riset mengatakan jika yang berpuasa minimum satu bulan sekali mempunyai resiko 58 % lebih rendah terserang penyakit jantung, dibanding mereka yang tidak jalani puasa.

Puasa bisa turunkan kandungan cholesterol jahat (LDL) dan tingkatkan kandungan cholesterol baik (HDL). Ini bisa turunkan penyakit jantung koroner dan diabetes.

2. Tingkatkan Kesehatan Otak

Manfaat puasa adalah dapat meningkatkan kesehatan otak. Berpuasa berperanan membuat perlindungan kesehatan otak dan tingkatkan pembangunan sel darah yang mempengaruhi peranan kognitif.

Untuk pasien penyakit Alzheimer dan Parkinson, lakukan puasa bisa menolong kurangi infeksi dan menahan masalah neurodegeneratif.

Ini karena puasa bisa turunkan zat yang memacu infeksi, kurangi lemak pada tubuh, dan tingkatkan perputaran sel darah putih (leukosit).

3. Turunkan Penekanan Darah

Saat berpuasa, otomatis badan akan alami pengurangan penekanan darah. Dalam riset National Center for Biotechnology Information (NCBI) pada 2017 mengatakan jika puasa sepanjang tiga minggu di bawah pemantauan klinis, efisien turunkan penekanan darah.

Puasa turunkan kandungan trigliserida darah, cholesterol keseluruhan dan cholesterol jahat (LDL). Kandungan gula darah turun sampai 30 % sepanjang berpuasa.

Perlu ditegaskan, selalu jaga kandungan gula darah supaya masih konstan, karena kelebihan atau kekurangan kandungan gula darah pada tubuh sama tidak bagus saat berpuasa.

 4. Buang Toksin dalam Badan

Badan benar-benar memerlukan detoksifikasi untuk membuang toksin-racun. Saat puasa, tidak ada makanan yang dimakan nyaris satu hari penuh, yang bisa memberi peluang untuk mekanisme pencernaan untuk istirahat.

Ini yang membuat dengan berpuasa, bisa bersihkan toksin pada tubuh. Toksin-racun itu beberapa disimpan dalam lemak.

5. Turunkan Berat Tubuh

Berpuasa menolong badan kurangi lemak atau ketosis. Ketosis menolong badan membakar cadangan lemak. Pembakaran lemak saat berpuasa akan semakin banyak dari umumnya.

Pembakaran lemak jadi energi, dapat mengurangi berat tubuh dan tingkat cholesterol hingga berpengaruh bagus untuk pengaturan diabetes dan penekanan darah.

Dalam riset Department of Intern Medicine IV, University of Vienna, Austria, mengatakan jika puasa periode pendek secara berarti bisa tingkatkan metabolisme dengan tingkatkan kandungan neurotransmitter norepinefrin, yang bisa tingkatkan pengurangan berat tubuh.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan"