Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Negatif Penggunaan HP Berlebihan

Dampak Negatif Penggunaan HP - HP Smartphone adalah telepon pintar yang memiliki banyak manfaat dan memberikan kemudahan bagi penggunanya, hingga sulit rasanya untuk jauh darinya dari bangun tidur hingga tidur kembali. Namun sayang, belum banyak yang menyadari akan dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan HP yang berlebihan.

Dampak Nagatif Penggunaan HP Berlebihan

Dampak negatif yang timbul dari penggunaan HP yang berlebihan mulai kebiasaan hidup hingga Kesehatan. Misalnya kebiasaan melihat layar HP dengan menunduk, sering menggenggam HP kemana-mana, setiap beberapa menit melihat layar hp, dan tidak bisa tidur sebelum mengecek status pesan. Perubahan kebiasaan hidup tersebut membawa dampak negatif bagi Kesehatan.

Dampak Negatif penggunaan HP berlebihan

Beberapa gangguan kesehatan yang timbul akibat penggunaan HP yang berlebihan :

Gangguan Kesehatan mata

Pada saat melihat tulisan atau gambar pada layar HP disertai sinar yang memancar dari layar HP membuat mata bekerja lebih dari kebiasaannya. Dalam jangka panjang dapat berakibat mata rusak. Misalnya digital eye strain, dimana gejalanya mata merah, mata kering, pandangan mata terlihat kabur.

Tips untuk mencegah gangguan Kesehatan mata adalah sebaiknya hindari melihat layar HP dalam waktu lama, Istirahatkan mata selama 5 menit atau secukupnya setiap setelah melihat layar HP selama maksimal 60 menit.

HP menjadi sarang kuman

Kamu sering mengenggam dan mengoperasikan HP, setelah pegang barang, makanan, buang air, tas belanja minimarket dan lainnya, tanpa disadari sebenarnya kamu memindahkan  bakteri dan virus ke HP. Dalam waktu lama, bakteri & virus menumpuk di permukaan HP yang anda pegang. Hal ini berpotensi menjadi sumber penyakit seperti diare, dan demam.

Untuk menghindarinya, sebaiknya permukaan HP sering dicuci agar kuman-kuman hilang dari permukaan HP.

Siklus Tidur Terganggu

Layar HP sebenarnya juga memancarkan sinar biru yang dapat berdampak produksi melatonin terhambat, dimana melatonin merupakan hormon pemicu timbulnya rasa kantuk. Jadi jika menggunakan HP dalam waktu lama maka rasa kantuk terkurangi dan keinginan untuk tidur berkurang, merasa masih belum ngantuk meski sudah larut malam dan akhirnya tidurnya berkurang. Padahal kita tahu bahwa jam tidur yang kurang akan berdampak pada Kesehatan menurun dan berpotensi terkena penyakit.

Sebaiknya jauhkan atau matikan HP minimal 15 menit sebelum jam tidur, agar siklus tidur tidak terganggu.

 Dapat Beresiko Kanker

HP memiliki gelombang radio untuk terhubung dengan sinyal. Gelombang tersebut termasuk berbahaya karena bersifat karsinogen menurut organisasi internasional. Jadi dapat beresiko menimbulkan kanker. Meski jumlahnya kecil namun dapat terakumulasi jalam waktu yang lama. Gelombang ini akan terserap oleh jaringan tubuh yang berada didekat HP.

Sebaiknya jauhkan HP dari jaringan anggota tubuh seperti menggunakan headset, agar jaringan tubuh tidka terpapar oleh sinyal HP.

Demikian beberapa penyakit yang beresiko timbul dari penggunaan HP dalam waktu yang lama dan tips untuk menghindarinya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Dampak Negatif Penggunaan HP Berlebihan"