Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Makanan Penyebab Tinggi Kolesterol Yang Harus Diketahui

10 Makanan Penyebab Tinggi Kolesterol Yang Harus Diketahui Ketika mendengar kata kolesterol, bagi sebagian orang langsung beranggapan “berbahaya” dan wajib berhati-hati. Perlu diketahui, kolesterol merupakan lemak berbentuk seperti lilin dan berwarna kekuningan yang diproduksi oleh tubuh, terutama didalam organ hati. Tubuh manusia pasti memiliki kolesterol dan banyak fungsinya, namun bila kadar kolesterol nya melebihi batas normal  yaitu 200 mg/dl memang berbahaya bagi tubuh.

10 Makanan Penyebab Tinggi Kolesterol


Kolesterol merupakan lemak yang memiliki peranan penting dalam tubuh, diantaranya fungsi kolesterol adalah memproduksi hormon seks, adrenal, hormon korteks, vitamin D dan membuat garam empedu untuk membantu usus dalam menyerap lemak. Namun apabila jumlah kolesterol yang diproduksi oleh tubuh melebihi batas normal, maka dapat membahayakan bagi tubuh. 

Kolesterol yang berlebihan jumlahnya dalam tubuh dapat menimbulkan endapan dalam pembuluh darah arteri, hal ini dapat berakibat terjadinya penyempitan dan pengerasan pembuluh darah hingga penyumbatan aliran darah, sehingga jumlah darah yang disuppli ke jantung berkurang. Hal tersebut   dapat berpotensi menyebabkan serangan jantung dan stroke serta penyakit lainnya.

Oleh karena itu, jagalah kolesterol agar tidak sampai melebihi batas normal, dengan menjaga konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Meski  Sebagian besar kolesterol diproduksi oleh tubuh dan sekitar 30% diperoleh dari makanan yang dikonsumsi. 

Berikut ini 10 Makanan Penyebab Tinggi Kolesterol Yang Harus DiKetahui

1. Makanan cepat saji

Mengkonsumsi makanan cepat saji seperti pizza, humberger, hot dog memiliki potensi risiko kolesterol tinggi yang dapat berakibat terserang berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Kandungan kolesterol dapat mencapai 465 mg per saji setara 155% dari jumlah kebutuhan kolesterol harian. 

Perlu diketahui juga makanan yang mengandung lemak trans, dimana lemak ini berfungsi untuk mengawetkan makanan sehingga masa kadaluarsanya lebih lama. Lemak trans biasanya terkandung dalam makanan kemasan seperti kue kering, kerupuk, mayones dan makanan beku lainnya yang menggunakan lemak trans. 

2. Makanan yang digoreng

Gorengan atau makanan yang digoreng seperti tempe, tahu, singkong, ayam dan makanan lainnya yang digoreng mengandung kolesterol tinggi dan lemak trans. Sebaiknya konsumsi makanan yang digoreng dikurangi untuk mengurangi risiko penyakit jantung, obesitas dan diabetes. 

3. Daging ayam

Daging ayam yang mengandung lemak seperti bagian paha dan sayap merupakan bagian yang mengandung kolesterol yang tinggi. Kadar kolesterol yang terkandung dalam 100 gram paha ayam adalah sebanyak 127 mg, setara 42 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian. Sedangkan kadar kolesterol dalam satu buah sayap terdapat 40 persen jumlah kolesterol harian. 

4. Jeroan

Jeroan adalah bagian dalam dari organ tubuh seperti hati, usus, jantung dan otak dari hewan seperti sapi, ayam dan lainnya. Jeroan adalah sumber kolesterol tinggi yang harus dibatasi konsumsinya agar tidak menimbulkan masalah Kesehatan. 

Misalnya Hati sapi, Dalam 100 gram bahan hati sapi mengandung 494 mg kolesterol yang setara 164 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian.

5. Seafood 

Sea food yang mengandung kolesterol tinggi seperti udang dan lobster, kandungan kolesterolnya 252 mg dalam 100 gram udang, setara 84 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian. Jika memang harus mengkonsumsinya, sebaiknya jangan digoreng dan jangan berlebihan. 

6. Es Krim

Es krim biasanya memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi, sehingga terdapat kolesterol. Dalam 200 gram es krim terdapat 33 persen kebutuhan kolesterol harian orang dewasa. Bila sering konsumsi es krim, dapat menyebabkan masalah Kesehatan dan penambahan berat badan. Oleh karena itu batasi dalam mengkonsumsi es krim, pilihlah es krim yang rendah lemak.

7. Daging olahan 

Daging olahan mengandung kolesterol yang tinggi contohnya seperti daging asap, sosis, nugget, bacon, dan ham. Kandungan kolesterol pada 100 gram bacon adalah 99 mg, setara 33 persen dari kebutuhan kolesterol harian. 

Sering konsumsi daging olahan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, kanker usus besar. Oleh karena itu sebaiknya dibatasi konsumsinya.

8. Mentega

Kandungan kolesterol dalam 100 gram mentega terdapat 215 mg, setara 72 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian. Karena mengandung kolesterol tinggi sebaiknya dibatasi konsumsinya agar tidak menimbulkan dampak negative pada Kesehatan.

9. Makanan mengandung lemak trans

Lemak trans adalah asam lemak yang terburuk, jika menumpuk dalam tubuh dengan  jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan diabetes, penyakit jantung dan stroke. Makanan yang mengandung lemak trans biasanya terdapat pada makanan dalam kemasan, coklat dan makan lain yang tahan lebih lama.

10. Telor

Telor adalah makanan yang mengandung protein dan nutrisi yang sangat bermanfaat, seperti vitamin B, vitamin A dan selenium. Namun saying dalam satu butir telor berukuran besar menggandung 187 mg, setara 62 persen dari jumlah kebutuhan kolesterol harian. Maka sebaiknya konsumsi telor dibatasi maksimal 1 butir telor sehari. 

Demikian makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang perlu kamu ketahui dan sebaiknya diwaspadai dan dihindari agar terhindar dari dampak negatifnya bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "10 Makanan Penyebab Tinggi Kolesterol Yang Harus Diketahui"