Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Luar Angkasa Melalui Google Chrome, Gratis!

Wisata Luar Angkasa Melalui Google Chrome, Gratis!Wisata luar angkasa menjadi hal yang mungkin dengan berkembangnya teknologi, beberapa perusahaan bermunculan menawarkan jasa “menerbangkan” manusia ke luar angkasa, seperti space X, blue origin, virgin galactic dan NASA. Menurut berita yang beredar, biaya perjalanan wisata ke luar angkasa mencapai hampir 3 milyar setiap orang. Tentunya wisata ini hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang berkantong super tebal. 

Namun ada cara lain untuk  menjelajah ke luar angkasa secara gratis. Google Chrome menawarkan berwisata luar angkasa secara virtual menggunakan fitur yang telah disediakan yaitu situs eksperimental bernama “100.000 stars”. Dengan situs ini, kamu bisa menjelajahi ruang angkasa dan melihat 100.000 bintang yang berada didekat dengan matahari. 100.000 yang telah didokumentasikan dan divisualisasi oleh pihak Google.

Wisata Luar Angkasa Melalui Google Chrome


Kamu buka Google Chrome, pada address bar ketik www.stars.chromeexperiments.com, kemudian pada halaman 100.000 stars, pada kiri atas terdapat ikon play atau “take a tour” diklik untuk mulai menjelajahi tata surya, melihat bintang-bintang yang berada diangkasa dengan pilih dan klik bintang yang ingin kamu lihat lebih dekat. Pertama kamu akan dibawa ke matahari sebagai pusat tata surya, selanjutnya tour menuju empat planet yang terdekat dengan matahari, kemudian menjauh dari pusat tata surya dan akan tampak bintang – bintang yang dekat dengan tata surya, seperti Altair, Kruger 60, Bernard's Star, Sirius, Proxima Centauri, dan sebagainya.

Setelah selesai menjelajah dari pusat tata surya sampai tampak bintang-bintang yang banyak jumlahnya. Kamu bisa melihat satu-satu bintang yang kamu ingin ketahui dengan klik atau pilih nama bintang kemudian scroll mouse untuk zoom in atau zoom out, atau juga dengan menggerakan fitur zoom in dan zoom out pada sebelah kanan halaman. Setiap bintang yang dipilih akan tampil informasi singkat terkait bintang tersebut. 

Foto dan informasi yang ada disitus tersebut dapat menambah wawasan tentang luar angkasa, sambil tour virtual secara gratis dan asyik. Kamu bisa mengenal bintang-bintang yang ada diluar angkasa dari pusat tata surya hingga yang terjauh dengan jumlah 100.000 bintang.  

Namun bila ingin tour ke luar angkasa secara riil, menurut kabar yang beredar, Blue Origin akan menerbangkan manusia ke angkasa pada bulan Juli mendatang dengan tarif US$ 200.000 atau Rp 2,8 miliar. Target pemasarannya adalah para selebritas dan konglomerat yang tentunya berkantong tebal.

Blue Origin menggunakan roket dan sistem kapsul New Shepard untuk membawa manusia ke luar angkasa. Sedangkan astronotnya adalah personel perusahaan. Nantinya Kapsul New Shepard melakukan penerbangan sub-orbital. dengan perjalanan roket lurus naik-turun dengan jarak tempuh di atas 100 km (62 mil). Kapsul  New Shepard dilengkapi enam jendela observasi dan menurut Blue Origin merupakan yang terbesar yang pernah digunakan ke luar angkasa. 

Sementara perusahaan Virgin Galactic telah menjadwalkan untuk melayani wisata luar angkasa pada awal 2022, ongkos yang dikenakan untuk perjalanan ke luar angkasa sebesar  lebih dari US$ 250.000 atauRp 3,5 miliar. 

Pesawat ruang angkasa yang digunakannya bernama VSS Unity, pesawat ini diangkut oleh pesawat pengangkut yaitu VMS Eve. Selanjutnya pesawat luar angkasa dirilis dengan menembakkan mesin roketnya dengan akselerasi hingga lebih dari tiga kali kecepatan udara.

Pilot yang menerbangkan Unity adalah Pilot C.J. Sturckow dan Dave Mackay. Keduanya berpengalaman sebelumnya terbang ke luar angkasa. Pilot lainnya adalah Michael "Sooch" Masucci dan Mark Stucky dan kepala pelatih astronot Beth Moses. Para pilot tersebut telah mendapat sayap astronot setelah dua penerbangan luar angkasa pertama di perusahaan.

Pesawat Unity adalah pesawat ruang angkasa yang dirancang oleh Virgin Galactic mempunyai kapasitas hingga enam orang penumpang dan dua pilot. Virgin Calactic mempunyai sekitar 600 reservasi tiket penerbangan untuk yang akan datang.

Perusahaan Space Perspective juga menjadwalkan untuk menterbangkan turis ke luar angkasa pada awal tahun depan dengan nama Spaceship Neptunus. Konsep peluncurannya menggunakan kapsul bertekanan yang akan dibawa terbang dengan balon. Balon hidrogen apung akan menerbangkan kapsul berpenumpang ke lapisan Stratosfer. 

Balon hidrogen ini nantinya berawak pilot serta delapan penumpang. Di dalam balon angkasa terdapat fasilitas yang cukup lengkap pula seperti kursi, bar, kamar mandi, dan jendela besar yang memungkinkan penumpang melihat planet di kegelapan luar angkasa. $125.000 atau sekitar Rp1,8 Miliar. Harga perjalanan menggunakan balon udara lebih murah sekitar separuh harga yang ditarifkan oleh SpaceShip Two, Penyedia jasa wisata luar angkasa oleh Virgin Galactic.

Spaceship Neptunus akan diluncurkan dari Shuttle Landing Facility di NASA Kennedy Space Center (KSC) di Space Coast Florida. Setelah berada di udara, balon akan sampai pada ketinggian maksimum sekitar 30.000 meter dalam waktu sekitar dua jam. Sementara balon akan berada di lapisan stratosfer sekitar dua jam, kemudian Kembali lagi. Jadi perjalanan secara total memakan waktu sekitar enam jam.  

Sebelum melancong ke luar angkasa, sebaiknya perhatikan tips-tips dari para astronot, sebagai berikut ini :

1. Santai saja dan tetap tenang

Chiao dan Parazynski memberi saran untuk para wisatawan luar angkasa agar tetap tenang dan santai. Karena biasanya akan gugup dan deg-degan. "Nikmati perjalanan karena Anda tidak bertanggung jawab untuk melakukan apapun," kata Parazynski. Karena mereka percaya para penyedia wisata luar angkasa sudah paham apa yang wajib dilakukan. 

2. Pastikan fisik dan mental sehat

Para wisatawan luar angkasa harus mendapatkan pelatihan agar mereka mendapatkan gambaran dan mempersiapkan diri dengan lebih baik, tentunya tidak seberat para astronot.

3. Tekanan gravitasi

Saat naik pesawat luar angkasa akan merasakan tekanan gaya gravitasi, seperti naik roller coaster atau permainan yang meluncur keatas. Saran dari Chiao agar tidak melawan.

4. Berlatih dengan gravitasi nol

Diluar angkasa kamu akan melayang-layang karena gravitasi nol. Saat itu kamu akan merasa pusing karena cairan tubuh mengambang, rasanya seperti kepala dibawah dan kaki diatas, namun tenang lah jangan panik karena tubuh akan menyesuaian keadaan. 

Berlatih dengan cara menyelam, gaya yang harus dikuasai yaitu mengapung dengan tenang dan melakukan gerakan perlahan untuk berpindah tempat. Saat berpindah tempat juga akan kamu akan terbentur dan memar, karena dengan Gerakan sedikit saja, bisa saja akan terbentur karena berpindahnya dengan kuat. jadi masalah terbentur dan memar adalah hal yang biasa terjadi diluar angkasa, apalagi baru pertama kali.

Saat gravitasi nol juga akan terjadi kekacauan untuk urusan dikamar mandi. Meski terlihat sepele namun akan kacau karena misalnya saat sikat gigi, air dari mulut dibuang tidak akan turun kebawah. Mandi, kencing dan buang air besar. Jadi harus bisa membereskan dengan baik masalah urusan kamar mandi, agar tidak terjadi kekacauan.

Terus masalah makan juga, alat-alat makan akan melayang-layang dan bisa hilang jika tidak dipegang. 

Demikian wisata luar angkasa secara virtual yang disediakan oleh Google dan kabar yang beredar terkait wisata luar angkasa secara riil. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Wisata Luar Angkasa Melalui Google Chrome, Gratis!"